Sabtu, 17 November 2007

GENERASI MUDA MENYONGSONG TANTANGAN ZAMAN

MASA ADOLOSENSI

Adolosensi berasal dari bahasa latin adoloscence yang artinya tumbuh ke arah kematangan atau kedewasaan, yang meliputi aspek kepribadian fisik dan mental. Dengan demikian masa adolosensi merupakan masa persiapan menuju kedewasaabn. Dari segi bahasa Inggris, masa ini merupakan perubahan dari boy menjadi man dan untuk manita dari girl menjadi woman.
Istilah lain yang lazim dipergunakan untuk menunjukan periode ini adalah pubescence dan puberti. Kedua kata itu berasal dari kata pubes yang artinya bulu. jadi masa ini ditandai dengan perubahan-perubahan dalam pertumbuhan jasmaniah seperti tumbuhnya bulu, tinggi badan, berat badan, kematangan organ-organ seks, dan sebagainya. Istilah pubescent digunakan untuk menunjukan suatu periode kira-kira 2 tahun menjelang pubertas dan dengan ditandai perubahan-perubahan fisik pesat.
Puberty dapat diartikan sebagai titik perkembangan dimana perubahan biologis pada pubescent mencapai klimaks yaitu matangnya organ seks. Rouseau dalam bukunya "Emile" menamakan masa adolosensi ini sebagai akhir dari masa anak-anak dan lahir sebagai manusia dewasa.
Fase Masa Adolosensi / Pubertas
Jika dilihat dari garis proses perkembangan maka secara keseluruhan masa adolosensi dimulai pada akhir masa anak-anak hingga permulaan dewasa. Secara kronologis masa ini berada antara umur kurang lebih 12 tahun sampai 24 tahun (ada juga yang membatasi antara 12 - 21 tahun, 14 - 24 tahun, 12 - 18 tahun dan sebagainya).
Masa tersebut terbagi lagi menjadi sub-periode, yaitu :
  1. Pre-adoloscence (adolosensi awal) : 11 - 13 tahun (perempuan), 13 - 15 tahun (laki-laki)
  2. Early adoloscence (adolosensi permulaan) : 13-15 tahun (perempuan), 15-17 tahun (laki-laki)
  3. Middle adoloscence (adolosensi sebenarnya) : 15-18 yahun (perempuan), 17-19 tahun (laki-laki)
  4. Late adoloscence (adolosensi akhir) : 18-21 tahun (perempuan), 19-21 tahun (laki-laki)
  5. Pre-adulthood (dewasa awal) : 21-24 tahun (perempuan dan laki-laki)

Secara psikologi masa ini merupakan kelanjutan dari masa-masa sebelumnya dan merupakan pencapaian kematangan mental dalam persiapan mencapai kedewasaan.Dari sudut sosiologi, masa adolosensi merupakan jembatan antara masa anak-anak ke masa dewasa yang bebas sebagai anggota masyarakat yang mandiri dan bertanggung jawab. Dari segi biologis, masa ini ditandai dengan perubahan organ-organ jasmaniah yaitu matangnya beberapa kelenjar, antara lain kelenjar-kelenjar seksual.

to be continue.....

Rendi Sasongko,22 tahun,swasta

CINTA ALAM INDONESIA

Tidak ada komentar: